Makanan Sehat Penderita Wasir dan Pantangannya

Makanan Sehat Penderita Wasir dan Pantangannya

Makanan sehat penderita wasir atu ambeien memang mudah ditemui di sekitar kita. Namun, terkadang banyak orang yang tidak bisa membedakan mana yang bagus dan mana pantangan makanan yang tidak untuk dikonsumsi. Wasir sendiri merupakan sebuah masalah kesehatan yang berada di ujung sistem pencernaan, tepatnya ada di bagian anus. Penyakit ini sering dianggap tidak terlalu berbahaya, namun sangat mengganggu dan menyiksa. Untuk itu, harus segera diatasi dengan sangat baik.

Baca : Kenali tanda dan gejala wasir

Mengenal Beberapa Makanan Sehat Penderita Wasir

Kasus wasir terjadi, diakibatkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah sembelit. Keadaan susah buang air besar yang berlangsung lama, menyebabkan adanya masalah pada anus. Dengan begitu, terjadi masalah wasir pada daerah tersebut. Sulit buang air besar merupakan masalah yang ditimbulkan oleh pola makan yang kurang serat.

Bagi Anda yang menderita wasir, harus diperhatikan bahan makanan sehat penderita wasir. Dengan begitu, wasir bisa reda dan pencernaan menjadi lebih lancar. Sebelum kita menyeleksi makanan mana yang cocok untuk penderita wasir dan mana yang tidak, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan mempunyai cara penanganan yang sangat baik untuk mengatasi penyakit wasir. Jika wasir sudah sangat parah, maka harus dilakukan pengangkatan.

Baca : Pengobatan Ambeien tanpa operasi

Setelah Anda berkonsultasi, pastikan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk penderita wasir. Di bawah ini, saya akan menuliskan berbagai minuman makanan sehat untuk penderita wasirr sebagai referensi. Berikut ini daftarnya :

1. Air Putih

Ini mungkin lebih tepat masuk pada bagian minuman, bukan makanan. Air putih yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairan untuk melakukan pencernaan dan metabolisme tubuh. Air putih akan menjadikan feses tidak keras, dengan begitu buang air besar menjadi lebih mudah.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Sayuran dan buah-buahan tentunya sangat direkomendasikan oleh para pakar kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk penderita wasir. Sayur dan buah mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kinerja dari proses pencernaan. Jika Anda suka jus, buah dan sayur bisa disajikan dalam bentuk jus.

3. Oat Meal dan Gandum

Kedua makanan ini banyak dijual di berbagai super market. Oat meal dan gandum sangat cocok sebagai makanan sehat penderita wasir. Kandungan serat yang tinggi menjadi salah satu alasan, mengapa makanan ini baik. Selain itu, di dalam dua jenis makanan ini terdapat juga kandungan protein yang cukup tinggi.

4. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu bahan konsumsi yang begitu nikmat dan menyegarkan. Setiap orang pasti sangat suka menikmati yoghurt. Dibalik rasanya yang nikmat, yoghurt mempunyai manfaat yang begitu hebat untuk pencernaan.

Baca : Obat wasir alami tanpa efek samping

Pantangan makanan penderita wasir

Seperti yang sudah dibahas di atas, penderita wasir tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Pastikan makanan yang dikonsumsi benar-benar mempunyai kandungan yang jelas dan tidak membahayakan bagi pencernaan penderita wasir. Apalagi, jika makanan yang dikonsumsi membuat sembelit, wasir bisa bertambah parah.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau pantangan makanan penderita wasir :
  1. Makanan Pedas 
    Orang Indonesia tentu lidahnya tidak asing dengan pedas. Tetapi, makanan ini betul-betul tidak boleh dikonsumsi oleh penderita wasir.
  2. Makanan Berminyak 
    Makanan yang mengandung banyak minyak dapat mengganggu sistem pencernaan. Makanan berminyak dapat memperparah kondisi wasir.
  3. Makanan Tidak Berserat 
    Di atas telah dijelaskan bahwa serat sangat penting untuk pencernaan, terlebih bagi penderita wasir. Untuk itu, hindari makanan-makanan yang tidak mengandung serat, karena dapat menyebabkan feses menjadi keras.
Wasir yang terus dibiarkan bisa menjadi sebuah masalah besar. Penyakit wasir harus segara diatasi dengan mengunjungi dokter dan mengkonsumsi makanan penyembuh wasir menjadi menu makanan yang baik untuk penderita wasir.

Tidak ada komentar

Posting Komentar