Cara mengobati asam urat secara alami

Cara mengobati asam urat secara alami

Cara mengobati asam urat secara alami. Asam urat dewasa ini sudah menjadi penyakit yang sering menyerang orang yang berusia diatas 30 tahun. Jangan sekali-kali meremehkan suatu penyakit seperti asam urat, karena jika lagi kambuh sungguh tidak dapat terbayangkan rasa sakitnya. Apa obat asam urat yang paling tepat?

Secara umum penderita asam urat mempunyai beberapa gejala seperti Persendian merasakan nyeri, ngilu, kesemutan, bahkan sampai bengkan kemerahan, pada pagi hari (bangun tidur) ataupun malam hari. Nyeri akan terjadi secara berulang-ulang, pada sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku. Untuk penderita yang sudah parah, persendian terasa sangat sakit saat digerakkan.

Untuk ukuran normal kadar asam urat pria kisarannya 3,5 hingga 7 mg/dl dan wanita mempunyai kisaran 2,6 – 6 mg/dl.

Sebagian besar pengidap asam urat juga menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes ataupun keluhan pada ginjal. Penyakit asam urat yang tidak segera di atasi dengan obat asam urat akan menimbulkan batu ginjal yang akhirnya menjadikan penderita asam urat menderita juga gagal ginjal

Yang menjadi faktor Gejala dan Penyebab Asam Urat seseorang adalah, sering makan makanan dengan banyak kandungan zat purin, ginjal tidak mampu membuang sisa asam urat, penumpukkan kristal purin di persendian secara berlebhan.

Baca : Gejala dan Penyebab Asam Urat

Untuk penderita asam urat yang sudah parah, persendian terasa sangat sakit jika digerakkan sehingga tidak bisa jalan. Tulang disekitar persendian juga dapat mengalami pengeroposan dani pengapuran tulang.

Cara mengobati asam urat secara alami

Dalam upaya seseorang penderita asam urat untuk menghambat dan mencegah peradangan secara berlebihan, pastilah obat asam urat sangat diperlukan. Indonesia kaya akan berbagai macam jenis tanaman berkhasiat obat, termasuk tanaman obat asam urat alami. Berikut beberapa daftar tanaman yang dapat digunakan sebagai obat asam urat, pasti Anda telah mengenalnya beberapa karena khasiatnya yang luar biasa :

1. Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam 

Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu masak di dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) biasa tumbuh liar di hutan dan pegunungan bisa mencapai ketinggian hingga 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.

Tanaman salam ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Daun salam yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau maupun anyaman. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma (almarmum) dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat : Rempah, Rimpang, dan Umbi, daun salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk sabagai obat asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, dan kencing manis.

Kandungan kimia yang dikandung daun salam ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam
Sebagai obat asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc saja, lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari. Airnya diminum selagi hangat.

Daun salam juga bisa dikombinasikan dengan daun mengkudu untuk obat asam urat. Daun mengkudu mengandung proxeronine dan xeronine yang sangat penting untuk tubuh dapat membantu sebagai obat asam urat.

2. Daun Mengkudu untuk Asam urat

Daun mengkudu tebal mengkilap. Daun mengkudu terletak saling berhadap-hadapan. Daun mengkudu juga dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A dan secara alami membantu dalam proses penyembuhan pengapuran, efektif meredakan nyeri sebagai obat tradisional asam urat dan pengkeroposan tulang.

3. Obat asam urat Daun Sukun

Daun sukun juga populer digunakan sebagai obat. Daun sukun yang telah tua dan gugur, dapat digunakan untuk obat asam urat alami, pembesaran prostat, menurunkan gula darah, serta pengobatan gagal ginjal.

4. Sidaguri untuk asam urat

Sidaguri adalah tanaman liar yang sering ada di tepi jalan , Sidaguri memiliki kandungan alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang mempunyai khasiat untuk mendinginkan badan (anti demam), memperlancar pencernaan, mengecilkan jaringan (astringent), merangsang produksi air seni (diuretik) dan menguatkan stamina. Selain itu dapat juga untuk yang menderita sakit asam urat.

5. Legundi

Bunga dan daun Legundi adalah salah satu herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dansciatica. Pohon legundi adalah semak merayap dengan tajuk tidak beraturan, aromatik, dan tinggi 1-4 m. Pohon ini dapat dijumpai sebagai tanaman liar di daerah hutan jati, hutan sekunder, di tepi jalan dan pematang sawah dan berbunga pada bulan Januari – Desember.

6. Kumis kucing

Kumis kucing juga telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna sebagai obat asam urat yang membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

7. Sambiloto (Adrographis panniculata)

Sambiloto berasal dari India. Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama daerah papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineraal yaitu kalsium, kalium dan natrium. Rasanya sangat pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai anti alergi antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun berbahaya. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman, mulai dari akar hingga pucuk daunnya.

Cara Mengolah Sambiloto menjadi Obat Asam Urat:
Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, dicampurkan dengan rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air. Rebus hingga tersisa 3 gelas saja, minum 3 kali satu gelas setiap hari. Minum 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Tentu masih banyak tanaman obat dan herbal berkhasiat obat asam urat yang lain. Cara mengobati asam urat selain dengan mengkonsumsi obat asam urat alami, juga harus mengikuti saran mengonsumsi makanan penurun asam urat seperti yang dianjurkan dokter dan menjauhi makanan yang menjadi pantangan makanan penderita asam urat.

Baca : Obat herbal Asam Urat tinggi

Pantangan bagi penderita asam urat:

  • Daging Jeroan seperti babat, usus, hati, limfa, otak dan paru
  • Mengonsumsi seafood seperti ikan teri, cumi, udang, kepiting, sotong, kerang, remis, dan tiram
  • Daging yang di ekstrak seperti abon dan dendeng
  • Mengonsumsi makanan yang dikalengkan (sarden dan kornet sapi)
  • Daging sapi, daging kambing, daging kuda
  • Daging unggas seperti Bebek, angsa dan kalkun.
  • Makanan dari kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge) melinjo, emping.
  • Sayuran seperti daun pepaya, kangkung. daun singkong, kembang kol, bayam, asparagus, buncis dan jamur kuping
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng, bersantan atau dimasak dengan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein dan lemak.
Selain menjauhi makanan pantangan seperti di atas, penderita asam urat juga diharuskan banyak minum air putih apalagi bagi mereka yang batu ginjalnya sudah bermasalah. Dengan  minum air putih yang banyak, ginjal akan terbantu mengeluarkan kristal-kristal asam urat melalui urine.

Saran kesehatan untuk penderita penyakit asam urat:

  • Konsumsi makan makanan dengan kandungan tinggi potasium seperti pisang, kentang dan yogurt
  • Mengonsumsi buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
  • Buah dan sayuran ini baik sebagai cara mengobati asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
  • Jangan minum aspirin
  • Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
  • Bagi orang mengalami kegemukan (obesitas), sebaiknya turunkan berat badan dengan caa berolahraga.
  • Sesuaikan asupan berdasarkan tinggi dan berat badan.

K-Muricata Obat herbal asam urat yang ampuh

Pengobatan asam urat dengan K-Muricata obat asam urat alami merupakan solusi terbaik cara mengobati asam urat secara alami. K-Muricata merupakan obat alami yang dapat membantu menyembuhkan dengan cara aman, dan tidak menimbulkan efek samping. Obat asam urat K-Muricata terbuat dari ekstrak daun sirsak dan ekstrak keladi tikus yang mempunyai khasiat dan manfaat mengobati penyakit asam urat serta berbagai jenis penyakit lainnya.

Tanaman obat Keladi tikus sangat berkhasiat sebagai obat asam urat alami, karena kandungan senyawa aktif Ribozome Inactivating Protein didalamnya. Selain dapat menetralkan racun di dalam tubuh senyawa ini mampu menurunkan kolesterol dan memperbaiki fungsi sel-sel dalam tubuh.

Sementara Khasiat Daun Sirsak, yang harus kita Tahu adalah kandungan senyawa acetogenins, mampu meluruhkan zat dan sel yang berbahaya bagi tubuh, secara efektif tanpa merusak sel sehat. Inilah keampuhan daun sirsak sebagai obat asam urat herbal paling aman tanpa efek samping. Kandungan senyawa alkaloid murisine, caoksalat, fitosterol dan tanin dalam daun sirsak bermanfaat dalam cara mengobati asam urat yang membantu memberikan daya lebih untuk mengontrol purin dalam tubuh dengan aman.

Amazon Berries Obat Asam urat yang ampuh

Selain dengan K-Muricata, cara mengobati asam urat adalah dengan Amazon Berries sebagai obat asam urat ampuh. Amazon Berries merupakan suplemen kesehatan yang terbuat dari buah-buahan alami yang kaya akan antioksidan seperti Acai Berry, Acerola, Grape (Anggur), Black Plum (Plum Hitam), Xanthone dan Guarana. Keenam jenis buah-buahan ini diproses dan diekstrak secara modern dan higienis sehingga menghasilkan produk herbal berserat dan kaya antioksidan yang tinggi.

Khasiat dan manfaat Amazon Berries membantu mengatasi masalah kesehatan, seperti :
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu menangkal radikal bebas (pemicu timbulnya penyakit degeneratif)
  • Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker,
  • Membantu menurunkan berat badan secara alami,
  • Membantu mengatasi masalah jantung,
  • Membantu Menurunkan Kolesterol Secara Drastis
  • Membantu mengatasi masalah asma, TBC,
  • Membantu mengatasi sembelit,
  • Membantu meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh,
  • Membantu meningkatkan sistem sirkulasi darah,
  • Mencegah penuaan dini,
  • Membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit,
  • Membantu mengurangi ketegangan sistem syaraf dan meningkatkan kekuatan fisik,
  • Membantu mengatasi kelemahan/disfungsi seksual pada pria dan wanita dewasa,
  • Mengencangkan dan membentuk tubuh terutama bagian payudara dan pinggul wanita,
  • Membantu mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS),
  • Sebagai anti virus dan antibiotik alami, dll.
Manfaat dan khasiat Amazon Berries pada setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi dan metabolisme tubuh orang yang mengonsumsi.

Untuk mendapatkan hasil pengobatan asam urat secara maksimal, sebaiknya mengonsumsi herbal K-Muricata dipadukan dengan herbal Amazon Berries. Kedua obat herbal ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu memperbaiki metabolisme tubuh, menjadikan proses pengobatan dengan obat asam urat herbal berlangsung lebih cepat.

Dalam proses pengobatan dengan perpaduan obat asam urat herbal ini sebaiknya dikonsumsi minimal sebulan untuk mendapatkan perkembangan positif menuju kesembuhan. Hal ini dikarenakan cara kerja obat herbal sangat berbeda dengan obat medis. Pengobatan dengan pendekatan herbal memerlukan jangka waktu lebih lama di bandingkan dengan obat kimia, karena pengobatan herbal akan memperbaiki keseluruhan organ dapat berfungsi dengan baik.

Tidak ada komentar

Posting Komentar