Gejala dan Penyebab Asam Urat

Gejala dan Penyebab Asam Urat

Gejala dan Penyebab Asam Urat. Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan persendian. Asam urat sendiri merupakan senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L). Pada manusia, asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, sebab tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulkan batu ginjal dan/atau pirai di persendian.

Kelebihan atau  kekurangan (hipourisemia, hyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia. Pada penderita asam urat biasanya akan dirasakan nyeri di sekitar persendian.

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat dalam tubuh berlebih, maka ginjal tidak akan mampu mengeluarkannya sehingga kristal asam urat menumpuk pada persendian. Akibatnya sendi-sendi / persendian akan terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Tahapan Penyakit Asam Urat

Berikut ini ada beberapa tahap perkembangan kondisi penyakit asam urat antara lain,sbb:

* Tahap I : Hiperrurikemia Asimtomatik

Kadar asamurat ditubuh yang meningkat, tetapi tidak memunculkan tanda-tanda. Sebagian besar orang dalam tahap ini mengetahui kondisi mereka sesudah melakukan tes darah yang mengukur jumlah asam urat yang terkandung dalam sistem peredaran darah.

Perawatan pada umumnya belum dibutuhkan pada tahap awal ini. Pada umumnya penderita mempunyai kadar asam urat yang tinggi selama bertahun-tahun sebelum serangan pertama mereka. Resiko serangan yang meningkat dengan tingginya kadar asam urat. Pengobatan yang tepat dalam tahap ini adalah dengan mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Konsumsi obat tradisional asam urat dari herbal juga membantu dalam tahap ini.

* Tahap II : Serangan Asam Urat Akut

Hiperurikemia yang berlanjut dapat menyebabkan penupukan kristal natrium urat pada persendian. Kristal ini kemudian merangsang pelepasan berbagai mediator inflamasi yang bisa menimbulkan serangan akut. Penderita asam urat pada umumnya terbangun pada malam hari karena rasa sakit dan terjadinya pembesaran pada persendian. Gejala gout tahap ini meliputi terasa sakit dan terjadinya peradangan, dan sendi yang yang terkena akan lebih terasa panas dan terasa lunak apabila disentuh, dan terlihat kemerahan atau memar, terasa gatal dan akan mengelupas setelah sakitnya sudah mereda.

Pada keparahan rasa sakit bervariasi dari kedutan ringan sampai terasa sakit sekali sehingga sendi tidak dapat disentuh. Gejala sistemik seperti demam, menggigil dan malaise, munkin juga terjadi dan merupakan hasil dari beberapa mediator inflamasi yang bocor ke sirkulasi vena. Rasa sakit akan hilang dala 3-10 hari, bahkan bila tanpa pengobatan. Kombinasi antara beberapa tanaman obat tradisional asam urat dapat membantu pada kasus ini.

* Tahap III : Interval Kritis

Keadaan ini adalah tahap sesudah episode asam urat yang bebas gejala. Pada umumnya pada tahap ini berlangsung dari 6 bulan hingga 2 tahun sesudah serangan pertama gout.

Tahap ini adalah waktu yang tepat untuk mencegah serangan untuk yang selanjutnya. Asam urat secara klinis tidak aktif tetapi masih ada penyakit ini terus akan berkembang apabila asam urat tidak bisa dikontrol . Semakin besar kadar asam urat, semakin pendek interval untuk serangan berikutnya. Pada kasus ini kombinasi antara obat tradisional asam urat perlu ditambahkan beberapa obat asam urat kimia yang berfungsi penetralisir sesaat.

* Tahap IV : Asam Urat Tingkat Lanjut

Pada tahap akhir asam urat, gejala dan efeknya tetap. Sejumlah besar asam urat telah mengkristal menjadi deposit di tulang rawan serta tendon da jaringan lunak, dan bahkan pada selaput antar tulang. Penderita asam urat sering mengalami beberapa gejala seprti persendian yang terasa kaku, dan terbatasnya gerakan sendi dan rasa sakit yang berkepanjangan, luka dengan bernanah putih pada daerah yang terkena asam urat, terasa sakit pasa sendi simultan pada berbagai bagian tubuh dan fungsi ginjal memburuk. Penderita gout mempunyai kecendrerungn untuk mendapatkan batu ginjal lebih sering daripada yang lain.

Tahap ini juga disebut dengan tahap tofus. Tofus adalah massa Krista urat yang disimpan dalam jaringan lunak yang bisa menghancurkan jaringan lunak dan persendian. Tofus sering berkembang di siku, lutut, jari kaki, Tendon Achilles dan jarang di daun telinga.

Tentu jika anda sudah memiliki bakat asam urat, sebaiknya segera merubah pola hidup dan mulai mengkonsumsi obat tradisional asam urat agar kasus asam urat tidak menyebar atau terjadi komplikasi ke organ-organ lainnya.

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat yang dapat di rasakan oleh penderita adalah :
  1. Badan menjadi terasa pegal pegal dan sering merasa kecapaian.
  2. Rasa Kesemutan dan linu yang sangat parah
  3. Nyeri otot, persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahuSendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
  4. Sering buang air kecil terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  5. Jika Gejala asam urat ini juga menyerang pada daerah ginjal maka akan memicu terjadinya kencing batu sehingga penderita kesulitan untuk buang air kecil
  6. Gejala asam urat berupa nyeri di persendian ini terjadi karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer. Hal ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada di pusat tubuh. Dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku.
  7. Gejala asam urat yang lain yang bisa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.
  8. Badan pegal pegal dan sering merasa kecapaian.
Itulah beberapa gejala asam urat yang sebaiknya di waspadai sebagai tanda anda menderita asam urat.

Penyebab Asam Urat

Adapun beberapa faktor yang di duga sebagai pencetus atau penyebab terjadinya asam urat. Diantaranya adalah :
  1. Meningkatnya kadar purin
  2. Faktor makanan
  3. Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat
  4. Kadar asam urat dalam tubuh meningkat, sehingga ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat
  5. Kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian
  6. Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku
Apabila Anda mengalami gejala seperti diatas sebaiknya segera lakukan pengobatan asam urat Anda, agar tidak menimbulkan asam urat secara berlebihan. Salah satu solusi mengobati asam urat secara alami adalah menjadi jawaban.

Tips dan cara menghindari penyakit Asam Urat


  1. Menjaga pola akan secara teratur
    Untuk memilih buah-buahan, sayur-sayuran, beras merah dan protein yang tidak memiliki lemak dan makanan yang sehat lainnya.
  2. Macam-macam makanan yang memiliki purin rendah
    Buah atau sayur yang memiliki purin yang rendah seperti pisang, seleda, dan buah asam. Sayuran yang memiliki kadar purin yang rendah seperti: kankung dan selada, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kadar asam urat dalam darah.
  3. Makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat
    Makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan dapat mengurangi pembengkakan adalah buah strobery. Bawang putih juga obat alami untuk karena dapat berfungsi sebagai obat asam urat dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Memakan bawang putih sekitar 3-5 buah bawang putih sehari dapat mambantu sebagai obat asam urat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Minum teh dan kopi.
    Menurut beberapa penelitian meminum 2-4 gelas teh bisa menurunkan resiko terkena sakit asam urat dan 2-4 gelas kopi sehari menurut penelitian dapat terhindar dari terbentuknya asam urat.
  5. Obat tradisional asam urat dari bahan alami
    Sambiloto berguna sebagai anti peradangan sehingga bisa membatu mengatasi radang sendi pada asam urat. Temulawak memiliki zat germakron yang berguna sebagai anti peradangan. Lada hitam bisa menaikan urinasi yang berguna sebagai anti peradangan. Daun Tempuyung mempunyai senyawa flavonoid yang berguna sebagai anti oksidan sehinnga dapat memperlambat kerja enzim dan reaksi superiksida sehingga dapat memperlambat pembentukan asam urat. Masih banyak tanaman lain sebagai obat tradisional asam urat yang manjur seperti daun sukun.
  6. Banyak minum air putih
    Setidaknya minum 8 gelas per hari dan dapat ditambah juga dengan minum jus baik untuk menghindari asam urat dan obat asam urat juga.
  7. Olahraga teratur
    Olahraga raga teratur setidaknya 3-4 kali dalam seminggu dan dilakukan sekitar setengah jam dalam setiap olah raga. Olahraga yang sangat mudah adalah dengan cara berjalan kaki cepat atau lari.
  8. Mengurangi berat badan yang berlebih
  9. Jauhkan makanan yang memiliki purin yang tinggi
    Jauhkan makanan yang memiliki zat purin yang tinggi seperti, jeroan, seafood, keju, telur, dan buah seperti durian, nanas dan minuman yang mengandung alkohol.


Baca juga :
  1. Obat herbal Asam Urat tinggi 
  2. 20 Makanan Penurun Asam Urat
  3. Cara mengobati asam urat secara alami
  4. Manfaat Daun sirsak untuk obat asam urat
Demikian sedikit informasi mengenai Gejala Asam urat dan Penyebab asam urat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar