Kenali Penyakit Tulang dan Cara Pencegahannya



Penyakit tulang dan pencegahanya - Salah satu bagian penting dari tubuh Anda adalah tulang, tanpa tulang yang kuat tentunya Anda akan mengalami masalah. Tulang yang Anda miliki tak selamanya akan bertahan kuat, ada kalanya tulang tersebut juga mengalami masalah. Penyakit tulang merupakan salah satu jenis penyakit yang sering diderita orang dewasa, namun hal ini juga bisa dialami oleh remaja dan anak-anak. Jika terjadi kelainan pada tulang Anda maka beberapa hal bisa terjadi diantaranya adalah kondisi kaki yang tidak bisa berjalan, tidak bisa tegap atau mengalami kelumpuhan. Lalu bagaimana menghadapi Penyakit tulang dan pencegahannya.

Penyakit tulang merupakan sebuah gejala penyakit yang seringkali tidak disadari oleh manusia. Seseorang yang menderita sakit tulang kadang kala tak merasa kalau tulangnya sedang sakit. Biasanya orang menyadari kalau dirinya mengidap penyakit tulang saat penyakit tersebut sudah tak bisa di obati.

Informasi mengenai penyakit tulang dan pencegahannya sangat dibutuhkan agar kita mengenali gejala dan tanda tanda tulang kita yang sakit. Dengan tulang yang sehat tentunya kita akan mampu menjalankan aktivitas sehari hari dengan maksimal. Tulang manusia terdiri dari kolagen yang berisi kalsium fosfat dan mineral yang membuat tubuh dapat disangga dengan baik oleh tulang.

Ada cukup banyak jenis penyakit tulang yang harus Anda ketahui sehingga pengobatan penyakit tulang dan pencegahannya bisa dilakukan dengan mudah.

Jenis Penyakit Tulang dan pencegahannya

  1. Penyakit tulang Osteoporosis
    Penyebab osteoporosis adalah tulang menurun sehingga rapuh dan mudah patah, osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium pada tulang.
  2. Penyakit tulang Kiposis
    Gangguan pada tulang belakang sehingga tulang belakang melengkung ke depan dan muncul sehingga badan menjadi bongkok.
  3. Penyakit tulang Osteomalacia
    Penyebab penyakit tulang Osteomalacia adalah kekurangan vitamin D atau juga  bisa disebabkan oleh metabolisme pada tubuh,penyakit tulang osteomalacia sama seperti osteoporosis yaitu tulang akan mudah kropos dan patah.
  4. Penyakit tulang Ricket
    Penyakit ricket sering terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan,penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kalsium di tulang atau akibat radiasimatahari.
  5. Penyakit tulang Ankilosis
    Gangguan pada persendian sehingga sendi tidak bisa digerakkan dan dimana ujung-ujung antara tulang terasa bersatu.
  6. Penyakit tulang Kaki Bengkok
    kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau juga bisa karena rapuh.
  7. Penyakit tulang Hidroxiapatite
    Penyakit ini akibat penumpukan calcium piropospat ( sejenis kalsium tubuh ).
  8. Penyakit tulang Sarcoidosis
    Penyakit ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelejer getah bening, paru-paru, hati dan mata.
  9. Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
    Atau nama lainnya adalah lupus adalah penyakit anti imun dimana sistem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut akan terbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri, biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang .
  10. Penyakit tulang Keseleo / Terkilir
    Adalah ganguan yang terjadi pada sendi tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan .
  11. Penyakit tulang Rakitis
    Akibat seseorang tidak mau mengkonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D, tulang akan menjadi bengkok dengan berbentuk huruf O atau X.
  12. Penyakit tulang Skoliosis
    Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh, tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri ataupun kanan.
Penyebab penyakit tulang biasanya kekurangan kalsium, kekurangan vitamin serta tidak berolahraga, sistem kerangka tulang yang sehat dan kuat sangat penting untuk keseluruhan kesehatan dan kualitas hidup yang baik.

Cara Mencegah Penyakit Tulang

  1. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D
    Kalsium bisa di dapat dari susu rendah lemak, keju, susu kedelai, brokoli, sedangkan vitamin D fungsinya membantu penyerapan kalsium.
  2. Olahraga Rutin
    Lakukanlah olahraga rutin seperti jalan kaki, aerobik atau berenang.
  3. Kurangi Konsumsi Garam
    Garam meningkatkan pengeluaran kalsium lewat keringat dan urin.
  4. Batasi Konsumsi Kafein
    Terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.
  5. Berhenti Merokok
    Merokok dapat menghambat pemulihan tulang yang keropos atau patah serta menghambat pertumbuhan tulang.
  6. Waspadai Obat yang anda Konsumsi
    Terutama obat golongan kortikosteroid yang digunakan dalam jangka pajang karena meningkatkan risiko pengeroposan tulang.

    Untuk mengganti obat-obatan yang mempunyai golongan kortikosteroid Anda bisa mengganti dengan obat herbal yang jauh lebih aman karena tidak mengandung efek samping tetapi memberikan reaksi yang sangat baik bagi tubuh.


Sumber :  Penyakit tulang dan pencegahanya

Tidak ada komentar

Posting Komentar